PT. XL Axiata mulai berdiri pada tahun 1989 dengan nama PT. Graha Metropolitan Lestari pada tanggal sebagai sebuah perusahaan dagang dan jasa umum.
Seiring dengan berkembang nya jaman, pada tahun 1996, XL mengembangkan sayapnya ke arah industri telekomunikasi. Di mana pada waktu itu XL mendapatkan izin nya untuk mengoperasikan jaringan GSM 900 dan secara resmi meluncurkan layanan GSM. XL merupakan perusahaan swasta pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telepon seluler.
Setelah itu, XL mengubah nama perseroan nya menjadi PT. Excelindo Pratama setelah bekerja sama dengan Grup Rajawali dan juga tiga perusahaan asing (NYNEX, AIF, dan MITSUI).
Pada tahun 2005, akhirnya XL menjadi sebuah perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Yang dimana pada saat ini Mayoritas saham tersebut dimiliki oleh Axiata Investments (Indonesia) Sdn. Bhd 66,43 persen dan sisanya dipegang oleh publik sebanyak 33,57 persen.
Pada Tahun 2009, XL mengganti namanya menjadi XL Axiata mengikuti nama dari pemegang saham terbanyak pada XL, yaitu Axiata Investments untuk kepentingan sinergi.
XL Axiata merupakan penyedia layanan seluler terkemuka di Indonesia saat ini. Dengan pengalamannya selama 17 tahun di bidang telekomunikasi. XL Axiata sudah tidak diragukan lagi sebagai penyedia layanan seluler dan juga penyedia data di Indonesia.
STRUKTUR ORGANISASI PT. XL AXIATA Tbk
Organisasi berfungsi sebagai sebuah prasarana atau alat untuk mencapai tujuan. Istilah organisasi juga dapat di artikan sebagai wadah di mana manusia dikelompokan untuk saling bekerja sama dengan efisien. Hal ini lah yang menyebabkan mengapa organisasi terus bergerak, hidup, berkembang dan juga berubah-ubah.
Berikut ini adalah struktur organisasi dari PT. XL AXIATA Tbk
Board of Chief and Directors |
Struktur Tata Kelola Perusahaan |
PT. XL Axiata dipimpin oleh seorang President Direktur yang bertugas untuk memimpin perusahaan serta membangun srategi dan visi agar perusahaan mereka selalu berkembang di dalam bidang nya. Berikut daftar dari jajaran direksi yang bertugas saat ini.
- Dian Siswarini (President Director)
- Willem Lucas Timmermasn (Chief Strategist Transformation Officer)
- Mohammed Adlan Bin Ahmad Tajudin (Chief Financial Officer)
- Ongki Kurniawan (Chief Digital Services Officer)
VISI DAN MISI PT. XL Axiata Tbk
PT. XL Axiata juga memilki visi dan budaya korporat, yaitu
VISI: Menjadi yang terdepan dalam memberikan pengalaman menggunakan mobile internet yang mudah dengan harga yang lebih murah untuk masyarakat Indonesia dimana Brand XL memiliki daya tarik yang kuat untuk anak muda.
Budaya Korporat:
- Uncompromising Integrity: Memiliki standar etika tinggi, tidak ada toleransi terhadap perilaku yang tidak etis.
- Team Synergy: Penuh semangat bekerja-sama, memastikan semua proses dilakukan demi mencapai tujuan bersama.
- Simplicity: Melakukan yang terbaik untuk memberikan solusi yang mudah digunakan dan melebihi harapan pelanggan.
- Exceptional Perfomance: Selalu semangat dalam memberikan kinerja terbaik.
PT. XL Axiata Tbk juga memiliki pedoman yaitu "Integritas, Kerjasama, Layanan Unggul". Pedoman ini dijadikan sebagai method dan juga nilai dalam perusahaan tersebut untuk mewujudkan etika yang baik, kerja sama tim dan juga solusi yang terbaik untuk pelanggan di seluruh Indonesia.
STRATEGY PT. XL AXIATA Tbk
PT. XL Axiata Tbk telah menyadari bahwa Indonesia sedang menuju gaya hidup digital, oleh sebab itu PT. XL Axiata melangsungkan inisiatif transformasi yang fokus pada peralihan ke Data, peningkatan kualitas layanan, mengintensifkan program untuk meningkatkan retensi pelanggan, dan memperkuat brand positioning. Semua ini dilakukan untuk menyediakan kebutuhan gaya hidup digital bagi jutaan pelanggan di seluruh Indonesia.
PT. XL Axiata juga mengakui bahwa mereka berada di posisi yang terbaik dalam memenuhi tuntutan tersebut dengan melakukan perubahan terus menerus dalam perilaku konsumen menuju gaya hidup digital.
PT. XL Axiata juga mengakui bahwa mereka berada di posisi yang terbaik dalam memenuhi tuntutan tersebut dengan melakukan perubahan terus menerus dalam perilaku konsumen menuju gaya hidup digital.
Sumber:
http://www.xl.co.id/ss/Satellite?blobcol=urldata&blobheader=application%2Fpdf&blobkey=id&blobtable=MungoBlobs&blobwhere=1364676146818&ssbinary=true diakses pada tanggal 23 jam 23:00
http://www.xl.co.id/corporate/id/perusahaan/kepemimpinan/struktur
diakses pada tanggal 23 jam 23:00
diakses pada tanggal 23 jam 23:00
http://www.xl.co.id/corporate/id/perusahaan
diakses pada tanggal 23 jam 23:30
diakses pada tanggal 23 jam 23:30
http://www.xl.co.id/corporate/id/investor/tata-kelola/struktur-pengelolaan
http://www.xl.co.id/corporate/id/perusahaan/profil/nilai
diakses pada tanggal 23 jam 23:10
diakses pada tanggal 23 jam 23:10
Komentar
Posting Komentar