Langsung ke konten utama

Dampak Baik dan Buruk Jejaring Sosial (Social Networking)

Ada pepatah mengatakan "Tak kenal maka tak sayang", ya pepatah itu benar apa adanya. Dari post sebelumya, ditunjukan bahwa kita adalah makhluk sosial, makhluk yang yang dapat berinteraksi sosial dengan sesama manusia. Banyak sekali cara untuk kita berinteraksi sosial. Salah satunya adalah dengan jejaring sosial (social networking).

Mungkin bagi kita sudah tidak awam akan dengan adanya jejaring sosial. Di mana di dalam jejaring sosial ini kita dapat bertemu dengan semua orang dari berbagai belahan penjuru dunia. Sebut saja Facebook, salah satu pelopor jejaring sosial yang usernya sudah satu miliyar lebih. Banyak sekali dampak baik dan buruk yang telah dikeluarkan oleh jejaring sosial. Berikut dampak nya

Dampak Baik

1. Mendekatkan yang jauh

Kita tahu bahwa jarak merupakan salah satu halangan untuk berinteraksi terhadap sesama. Akan tetapi dengan adanya jejaring sosial, jarak bukan merupakan halangan lagi. Jejaring sosial tidak mengenal adanya jarak. Mau dimana pun mereka berada, kita tetap bisa berinteraksi. Hal tersebut dikarenakan jejaring sosial terkoneksi dengan dunia maya.

2. Menambah banyak teman atau kenalan

Dengan banyak nya user dalam suatu jejaring sosial, maka kita dapat banyak teman maupun kenalan dari seluruh penjuru dunia.

3. Berbagi informasi secara cepat


Dampak Buruk

1. Menjauhkan yang dekat

Tanpa sadar, dengan adanya jejaring sosial. Membuat kita menjadi sibuk akan jejaring sosial dan lupa akan kehidupan sosial yang nyata. Hal ini dapat membuat kita menjadi mengunci diri di lingkungan sekitar. Padahal interaksi sosial itu sendiri dpata kita dapatkan dari lingkungan sekitar.

2. Banyak nya berita palsu

Jejaring sosial juga sudah mulai digunakan oleh banyak pihak jahat. Contohnya adalah dengan membuat berita palsu (hoax). Hal ini dapat menimbulkan fitnah pada seseorang.

3. Penipuan

Penipuan kerap sekali terjadi di dalam jejaring sosial. Entah itu transaksi jual beli, maupun kriminalitas. Hal ini perlu adanya pengawasan dari masyarakat dan juga badan penegak hukum.

 4. Lupa Waktu

Tanpa sadar juga, waktu kita termakan akan kehidupan virtual yang berada di jejaring sosial. Mengingat betapa pentingnya waktu tersebut, maka kita harus cermat dalam membagi waktu untuk melakukan interaksi di jejaring sosial.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Usecase Diagram dan Class Diagram - Helpdesk Request System

Use Case Diagram adalah gambaran graphical dari beberapa atau semua actor, use case, dan interaksi diantaranya yang memperkenalkan suatu sistem. Use case diagram tidak menjelaskan secara detil tentang penggunaan use case, tetapi hanya memberi gambaran singkat hubungan antara usecase, aktor, dan sistem.

CIRI-CIRI ALAY

PT XL Axiata Tbk "Etika, Kerja Sama dan Solusi"

  PT. XL Axiata mulai berdiri pada tahun 1989 dengan nama PT. Graha Metropolitan Lestari pada tanggal sebagai sebuah perusahaan dagang dan jasa umum.  Seiring dengan berkembang nya jaman, pada tahun 1996, XL mengembangkan sayapnya ke arah industri telekomunikasi. Di mana pada waktu itu XL mendapatkan izin nya untuk mengoperasikan jaringan GSM 900 dan secara resmi meluncurkan layanan GSM. XL merupakan perusahaan swasta pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telepon seluler. Setelah itu, XL mengubah nama perseroan nya menjadi PT. Excelindo Pratama setelah bekerja sama dengan Grup Rajawali dan juga tiga perusahaan asing (NYNEX, AIF, dan MITSUI).  Pada tahun 2005, akhirnya XL menjadi sebuah perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Yang dimana pada saat ini Mayoritas saham tersebut dimiliki oleh Axiata Investments (Indonesia) Sdn. Bhd 66,43 persen dan sisanya dipegang oleh publik sebanyak 33,57 persen.  Pada Tahun 2009,...