Total Quality Management ( TQM ) adalah pendekatan komprehensif dan terstruktur untuk manajemen organisasi yang berusaha untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan melalui perbaikan berkelanjutan dalam menanggapi feedback secara terus menerus. Persyaratan TQM dapat didefinisikan secara terpisah untuk sebuah organisasi tertentu atau mungkin dalam kepatuhan terhadap standar yang ditetapkan , seperti Organisasi Internasional untuk seri Standardisasi ISO 9000 . TQM dapat diterapkan untuk semua jenis organisasi. TQM berasal dari sektor manufaktur dan lalu diadaptasi untuk digunakan dalam hampir setiap jenis organisasi yang ada, termasuk sekolah , pemeliharaan jalan raya , manajemen hotel , dan gereja .Dan sekarang TQM merupakan fokus dari e-business, TQM berdasarkan pada manajemen mutu dari sudut pandang pelanggan.
Proses-proses pada TQM dibagi menjadi empat kategori berurutan :
- plan ,
- do
- check
- act ( siklus PDCA ) .
Pada tahap plan, kita harus mendefinisikan masalah yang harus ditangani , mengumpulkan data yang relevan , dan memastikan akar dari penyebab masalah. Dalam tahap do, kita mengembangkan dan menerapkan solusi , dan memutuskan parameter untuk mengukur efektivitas. Dalam tahap check, kita mememeriksa hasil melalui perbandingan data sebelum dan sesudah. Dalam tahap act, kita mendokumentasikan hasil, dan memberi tahu yang lainnya akan adanya proses perubahan, dan membuat rekomendasi-rekomendasi untuk masalah yang akan dibahas dalam siklus PDCA berikutnya .
Komentar
Posting Komentar