Langsung ke konten utama

Total Quality Management

Total Quality Management ( TQM ) adalah pendekatan komprehensif dan terstruktur untuk manajemen organisasi yang berusaha untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan melalui perbaikan berkelanjutan dalam menanggapi feedback secara terus menerus. Persyaratan TQM dapat didefinisikan secara terpisah untuk sebuah organisasi tertentu atau mungkin dalam kepatuhan terhadap standar yang ditetapkan , seperti Organisasi Internasional untuk seri Standardisasi ISO 9000 . TQM dapat diterapkan untuk semua jenis organisasi. TQM berasal dari sektor manufaktur dan lalu diadaptasi untuk digunakan dalam hampir setiap jenis organisasi yang ada, termasuk sekolah , pemeliharaan jalan raya , manajemen hotel , dan gereja .Dan sekarang TQM merupakan fokus dari e-business, TQM berdasarkan pada manajemen mutu dari sudut pandang pelanggan.

Proses-proses pada TQM dibagi menjadi empat kategori berurutan :
  • plan , 
  • do
  • check
  • act ( siklus PDCA ) . 

Pada tahap plan, kita harus mendefinisikan masalah yang harus ditangani , mengumpulkan data yang relevan , dan memastikan akar dari penyebab masalah. Dalam tahap do, kita mengembangkan dan menerapkan solusi , dan memutuskan parameter untuk mengukur efektivitas. Dalam tahap check, kita mememeriksa hasil melalui perbandingan data sebelum dan sesudah. Dalam tahap act, kita mendokumentasikan hasil, dan memberi tahu yang lainnya akan adanya proses perubahan, dan membuat rekomendasi-rekomendasi untuk masalah yang akan dibahas dalam siklus PDCA berikutnya .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Usecase Diagram dan Class Diagram - Helpdesk Request System

Use Case Diagram adalah gambaran graphical dari beberapa atau semua actor, use case, dan interaksi diantaranya yang memperkenalkan suatu sistem. Use case diagram tidak menjelaskan secara detil tentang penggunaan use case, tetapi hanya memberi gambaran singkat hubungan antara usecase, aktor, dan sistem.

CIRI-CIRI ALAY

PT XL Axiata Tbk "Etika, Kerja Sama dan Solusi"

  PT. XL Axiata mulai berdiri pada tahun 1989 dengan nama PT. Graha Metropolitan Lestari pada tanggal sebagai sebuah perusahaan dagang dan jasa umum.  Seiring dengan berkembang nya jaman, pada tahun 1996, XL mengembangkan sayapnya ke arah industri telekomunikasi. Di mana pada waktu itu XL mendapatkan izin nya untuk mengoperasikan jaringan GSM 900 dan secara resmi meluncurkan layanan GSM. XL merupakan perusahaan swasta pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telepon seluler. Setelah itu, XL mengubah nama perseroan nya menjadi PT. Excelindo Pratama setelah bekerja sama dengan Grup Rajawali dan juga tiga perusahaan asing (NYNEX, AIF, dan MITSUI).  Pada tahun 2005, akhirnya XL menjadi sebuah perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Yang dimana pada saat ini Mayoritas saham tersebut dimiliki oleh Axiata Investments (Indonesia) Sdn. Bhd 66,43 persen dan sisanya dipegang oleh publik sebanyak 33,57 persen.  Pada Tahun 2009,...