Sudah 25 tahun PT. XL Axiata berdiri di Indonesia. Yang semula dari sebuah perusahaan dagang dan jasa umum hingga menjadi perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Hal ini dapat mereka capai berkat adanya efisiensi yang mereka di perusahaan. Efisiensi tersebut dapat membuat PT. XL Axiata menjadi maju dan berkembang sebagai perusahaan telekomunikasi.
Banyak efisiensi yang telah mereka lakukan, diantaranya adalah di bidang produksi barang dan jasa mereka demi mencapai kualitas pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia.
Lalu, ada juga sistem di dalam perusahaan mereka yang selalu mereka perbaharui dapat membuat kinerja pegawai perusahaan menjadi meningkat hingga tercapai point-point yang ingin diraih. Kesejahteraan karyawan merupakan hal yang utama di dalam suatu perusahaan, sehingga efisiensi dalam hal ini sangatlah penting.
Hal-hal yang menyangkut tentang efisiensi perusahaan tersebut akan di bahas di bawah ini.
1. Apa Itu Efisiensi?
Efisiensi adalah perbandingan terbalik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh (output) dengan kegiatan yang dilakukan dalam penggunaan sumber-sumber & waktu. Efisiensi dalam perusahaan berhubungan dengan syarat produksi dan hal yang harus diperhatikan oleh manajer adalah untuk mempertahankan atau meningkatkan produktifitas di dalam unit mereka bekerja.
2. Syarat-Syarat Tercapai nya Efisiensi di PT. XL Axiata
- Berhasil Guna
Berhasil guna adalah kegiatan yang telah dilaksanakan dengan tepat dalam arti tercapat sesuai waktu yang ditetapkan tanpa mengabaikan kualitas.
PT. XL Axiata telah membuktikan nya dalam pencapaian QOS ITKP pada kuartal 4 tahun 2015. Di mana semua keluhan yang mereka dapat pada kuartal 4 tahun 2015 dapat terselesaikan dengan waktu yang telah ditentukan. Efisiensi yang telah dilakukan dalam penyelesaian keluhan ini sangatlah berpengaruh untuk meningkatkan kualitas pelayanan di dalam bidang telekomunikasi.
- Ekonomis
Sesuai dengan laporan keuangan tahun 2014, PT. XL Axiata telah menjual beberapa tower senilai 5.600.000.000.000 untuk meningkatkan nilai tambah bagi Perseroan dalam jangka panjang karena membantu memperbaiki struktur permodalan dan melalui harga sewa yang terbaik serta kompetitif dari sistem penyewaan kembali menara yang telah dijual.
- Pelaksanaan Kerja dapat Dipertanggung Jawabkan
PT. XL Axiata selalu mengeluarkan laporangan-laporan di website corporate (http://www.xl.co.id/corporate/id/investor/informasi/laporan-tahunan) mereka. Laporan tersebut dapat dipertanggung jawabkan dengan adanya auditor eskternal dan internal di perusahaan mereka yang melakukan audit setiap tahun nya.
- Pembagian Kerja yang Nyata
Dalam pembagian kerja di PT.XL Axiata, mereka memiliki career management untuk menempatkan individu-individu di tempat yang sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produktifitas di dalam perusahaan dan juga dapat meningkatkan budaya kinerja masing-masing individu.
- Rasionalitas Wewenang dan Tanggung Jawab
Rasionalitas wewenang dan tanggung jawab di PT.XL Axiata sudah diatur oleh Undang-Undang Perseroan Terbatas. Di mana Rapang Umum Pemegang Usaha adalah forum pengambilan keputusan tertinggi bagi pemegang saham. Dewan Komisaris bertugas mengawasi jalannya pengelolaan perusahaan, dan Direksi bertugas mengelola perusahaan. Dewan Komisaris dan Direksi bertugas memiliki wewenang dan tanggung jawab terpisah sesuai fungsinya sebagaimana diatur dalam peraturan perundangundangan Anggaran Dasar Perseoran dan Pedoman Direksi dan Dewan Komisaris (Board Manual).
- Prosedur Kerja yang Praktis
PT. XL Axiata memiliki prosedur kerja yang praktis di dalam nya. Semua prosedur kerja mereka memiliki target yang efektif dan ekonomis. Pelaksaaan kerja mereka juga dapat dipertanggungjawabkan dengan adanya laporan setiap tahunnya. O & M PT.XL Axiata juga telah menunjukkan kegiatan ilmiah dan praktis dengan berdasarkan perkembangan dunia telekomunikasi yang di mana saat ini mereka telah mengaplikasikan 4G di jaringan mereka dan akan terus melakukan penilitian hingga dapat mengaplikasian 5G sebagain generasi penerus dari 4G.
3. Cara Meningkatkan Efisiensi
Ada beberapa cara untuk meningkatkan efisiensi di dalam sebuah perusahaan, diantaranya adalah:
- Pelaksanaan Fungsi Manajemen yang Tepat
Pelaksanaan fungsi manajemen yang tepat dapat membuat tingkat produktifitas dan pengawasan perusahaan menjadi lebih efisien. Hal ini dimiliki oleh PT. XL Axiata dengan menempatkan jajaran Direksi dan Komisaris dengan fungsi nya masing masing yang tepat.
- Pemanfaatan Sumber-Sumber yang Tepat
Sumber-sumber yang dimiliki oleh PT.XL Axiata sudah dimaanfaatkan secara tepat. Dimulai dari SDM dan sumber-sumber lainnya. Di SDM sendiri PT. XL Axiata memiliki career management yang baik di dalamnya.
- Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Organisasi Sebagai Alat Mencapai Tujuan
Untuk mencapai sebuah tujuan diperlukan adanya pelaksanaan fungsi-fungsi organisasi yang baik di dalam sebuah perusahaan. PT. XL Axiata tentunya memiliki tujuan yang sudah tercapai, hal ini disebabkan karena ada nya pelaksanaan fungsi-fungsi organisasi di dalamnya.
- Pengarahan & Dinamika Organisasi untuk Pengembangan & Kemajuan yang Bekersinambungan
Perlu kita ketahui dengan adanya pengarahan dan dinamika organisasi dapat meningkatkan efisiensi untuk pengembangan dan juga kemajuan perusahaan secara bekersinambungan. Hal ini dibuktikan oleh PT. XL Axiata dalam tahap-tahap pengembangan dan kemajuan perusahaan nya selama 25 Tahun. Banyak dinamika yang terjadi di dalam perusahan tersebut sehingga membuat perusahaan menjadi lebih maju dan berkembang di bidang nya.
4. Kesimpulan
Dari hal-hal yang telah saya jabarkan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa PT. XL Axiata sudah menerapkan efisiensi di perusahaan nya untuk meningkat kan kualitas dari produk yang dimilikinya. Efisiensi yang dilakukan oleh PT. XL Axiata juga meningkatkan budaya kinerja pegawai nya. Dengan begitu, kemajuan yang dialami oleh PT. XL Axiata semua didapat berkata adanya efisiensi.
5. Referensi
- PT. XL Axiata. (2014) Laporan Tahunan 2014 PT. XL Axiata. [Online] Januari 2016. Link Website: http://www.xl.co.id/ss/Satellite?blobcol=urldata&blobheader=application%2Fpdf&blobkey=id&blobtable=MungoBlobs&blobwhere=1364677614396&ssbinary=true[Diakses pada: 28 Januari 2016]
- PT. XL Axiata. (2015) Transformasi PT. XL Axiata. [Online] Januari 2016. Link Website: http://www.xl.co.id/corporate/id/perusahaan/profil/transformasi [Diakses pada: 28 Januari 2016]
- PT. XL Axiata. (2015) QOS ITKP PT. XL Axiata. [Online] Januari 2016. Link Website: http://www.xl.co.id/corporate/id/perusahaan/manajemen-kualitas/qos-itkp-detail-4-2015. [Diakses pada: 28 Januari 2016]
- Sydney Tafe (2013) Organisational Efficiency and Effectiveness. [Online] Januari 2016. Link Website: https://sielearning.tafensw.edu.au/MBA/9791K/BusinessServices/9791/organisational_efficiency_and_ef.htm. [Diakses pada: 28 Januari 2016]
Komentar
Posting Komentar